Terlalu Kecanduan (Hanyut) ke Dalam bermain Game!! Atasi dengan Cara ini


Bermain game merupakan suatu hal yang menyenangkan sekaligus memberikan rasa bahagia, dan rileks ketika Kamu memainkannya. Bermain game juga merupakan salah satu kegiatan yang bisa Kamu jadikan sebagai hobi yang sangat menyenangkan. Memang hiburan yang satu ini menjadi hiburan yang sudah banyak digandruingi oleh masyarakat luas terutama di kalangan anak muda jaman sekarang. Tapi banyak juga orang dewasa juga masih bisa tertarik dengan game ditengah - tengah kesibukannya dalam bekerja. Malah orang yang sudah bekerja dan punya penghasilan inilah orang yang bisa serius dibidang game. Karena uangnya bisa dialokasikan ke akun game kesayangannya

Memang bermain game itu menjadi salah satu pilihan yang paling pas untuk menenangkan pikiran yang sedang lelah. Apalagi di jaman sekarang banyak genre game yang diperuntukan untuk menghilangkan stress dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Namun yang namanya hobi termasuk bermain game ini tidak bagus juga jika dilakukan secara berlebihan. Bagi abaj2 yang masih di bangju sekolah pasti pernah dimarahin orang tua karena terlalu sering dalam bermain game yang berakibat anjloknya prestasi di sekolah , dan jebloknya nilai rapot kan hehe. Nah itu sebenarnya orang tua sudah bisa melihat sisi negatifnya dari bermain game terlaulu sering bahkan berlebihan.

Selain itu terlalu sering bermain game dan malah menjadi berlebihan akan berakibat kemasalahan di psikologis gamer tersebut. Misalnya orang sering bermain game online, Dia akan cenderung tidak tertarik dengan orang2 yang ada di dunia nyata karena ia sudah terpengaruh dengan orang orang didunia maya yang bahkan tidak diketahui umur dan karakternya. Padahal mengenal orang di dunia nyata itu penting, dan baik untuk perkembangan social seseorang. Hasilnya adalah orang yang berlebihan bermain game online ia akan lebih tertutup dengan dunia nyata, pendiam, dan malah tidak ingin bergaul dengan orang di sekitarnya. Lalu siapa yang rugi akibat perbuatannya? Ya dia sendiri. Kita hidup itu kan di dunia nyata, bukan didunia maya kan?

Dari contoh diatas yang saya sebutkan intinya memang sebagian orang bisa menyeimbangkan diri antara dunia Maya dengan dunia nyatanya. Seperti Contohnya para atlet eSport yang sudah berpengalaman bermain Game. Saya yakin mereka pasti bisa menyeimbangkan dua hal diatas disela sela karirnya sebagai atlet eSport yang sudah pasti selalu bermain game dalam setiap latihannya. Akan tetapi bagi sebagian orang lagi yang terbilang masih baru terjun ke dunia game masih terbuka kemungkinan ia bisa terjerumus dalam lingkaran dunia game sehingga membuat orang tersebut menjadi introvert seperti yang saya sebutkan diatas. Lalu yang jadi pertanyaannya bagaimana cara untuk mengatasinya?

- Mencari Banyak Teman

Peoatah berkata "Banyak teman banyak rezeki". Maka dai itu carilah teman didunia nyata dengan game yang sama atau yang sehobi sama dengan Kamu. Jika sudah begitu, seseorang akan lebih mudah berkomunikasi secara langsung entah itu tentang game, atau yang lainnya. Hal ini juga untuk mengantisipasi seseorang untuk tidak terjerumus ke dalam dunia game lebih jauh lagi. Misalnya temannya ingin berhenti main game dan ingin coba hal yang baru. Nah seseorang temannya itu bisa ikut ikutan untuk mencoba hal baru, dan tentunya lebih bermanfaat seperti yang dilakukan oleh temannya tadi. Dengan begitu orang tersebut bisa terselamatkan dari kecanduan bermain Game.

- Perbanyaklah Bersosial

Para gamers memang kebanyakannya introvert dan terlalu sering menyendiri dibandingkan berkelompok. Tentu saja Hal ini dipicu oleh terlalu hanyut atau berlebihan dalam bermain game jadinya orang tersebut kurang tau bagaimana cara bersosialisasi yang baik dengan orang yang ada didunia nyata. Bagi kalian yang memang merasa sedang dalam keadaan tersebut, mulai dari sekarang cobalah untuk perbanyak melakukan kegiatan bersosialisasi dengan orang lain. Entah itu mau berkenalan dengan orang baru, sering2 bergaul dengan teman, nongkrong, ngobrol bercandaan, atau ngobrol tentang game yang kebetulan sama dengan yang Kamu mainkan sekarang, dan tentunya hal ini harus dilakukan di dunia nyata. Kurangi aktifitas main gamenya dan usahakan ganti dengan bersosialisasi. Dengan begitu, kalian akan menikmati apa itu yang namanya masa muda dan tidak hanya terkurung dilingkaran kehidupan gamer yang penuh kesendirian, dan kesepian.

Nah dengan dua hal yang ada diatas yang bisa Kamu lakukan, kemungkinan besar Kamu bisa menyeimbangkan antara dunia game dengan dunia nyata. Dua hal diatas juga perlu dilakukan secara seseting mungkin, dan perlahan tapi pasti karena tidak akan berhasil jika dilakukan hanya sekali saja. Perlu diingat semua yang saya bahas diatas tadi berkaitan dengan orang yang sudahbenar2 terjerumus ke dunia maya atau game. Masih banyak kok orang masih bisa menyeimbangkan dunia mya di Game dengan dunia nyatanya. Hobi memang hobi, semua orang punya hobi. Tapi ingat satu hal, jika dilakukan dengan berlebihan itu dampaknya tidak baik untuk diri Kamu

Sekian opini saya kali ini.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih sudah membaca Tulisan Saya

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Backlink Redirect Googe yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan DA, dan Pa 2022

Tips Menghilangkan Kebiasaan Malas, Biar Lebih Produktif!

Cara Simple mengatasi Paketan Axis Unlimited Game yang tidak bisa dipakai untuk Main Game Mobile Legend