Mengenal Pengertian beserta perbedaannya antara Safelink, dan Shortlink lebih dalam

Mendengar Istilah shortlink dan safelink memang lagi bagi sebagian dari kalangan blogger. Kedua hal itupun sangat berguna untuk meringangkan pekerjaan beberapa blogger. Khususnya para blogger yang berfokus pada Blog dengan konten download disebut juga blog download. Fungsi dari shortlink maupun safelink sebenarnya sama, hanya memiliki sedikit perbedaan di cara kerjanya. Adapun berikut ini yang Saya ulas adalah ulasan mengenai pengertian serta perbedaan dari Shortlink, dan Safelink.

Pengertian Shortlink

Shortlink merupaka layanan yang biasa digunakan oleh para blogger untuk memperpendek URL agar memudahkan orang-orang untuk mengingat URL atau link yang panjang dari blog bersangkutan. penggunaan shortlink ini tidak hanya memberikan fungsi memperpendek URL saja, tapi rupanya juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan uang. Memang ada banyak sekali website yang menyediakan layanan shortlink atau istilahnya shorter URL seperti adf.ly, shorte.st, bit.ly dan lain sebagainya.
dan jumlah minimal pencairan atau Pay Out di setiap website shortlink berbeda-beda, ada hanya dengan jumlah minimal US$ 10 bahkan juga ada minimal US$ 50 sampai US$109 barulah pengguna bisa melakukan Pay Out/Mengambil pembayaran. Kamu pun juga harus cermat dalam hal memilih layanan shortlink, seperti yang bisa terpercaya, dan yang terpenting sudah terbukti membayar penggunanya. Karena ada banyak juga layanan shortlink juga tidak memberikan tampilan pendapatan yang transparan, sehingga hal itu akan sangat merugikan pengguna.

Perlu Kamu ketahuhi bahwa cara kinerja dari shortlink tidak terlalu susah dipahami. Pertama pengguna diharuskan memiliki URL asli dari blog Kamu yang mau diperpendek, misalnya sebagai contoh:

link asli: https://www.#####.com/cara-mudah-atasi-pusing/
Kemudian pengguna memilih salah satu website shortlink, misalkan saja Safelinku.
Maka setelah menggunakan Safelinku, dan pengguna berhasil memperpendek link yang asli, maka yang terjadi jelas link baru akan menjadi lebih pendek. Seperti ini;
link diperpendek: Safelinku/1ojhj (hanya sebagai contoh)
Dengan URL yang lebih pendek tentu saja membuat pengguna lebih mudah diingat dan mempermudah dalam Penulisannya. Perlu diketahui bahwa ketika penggunjung mengunjungi linkasli atau link yang sudah diperpendek, maka mereka akan dialihkan ke suatu laman web yang sama. Intinya tidak ada tujuan lain dari shortlink selain memperpendek URL yang pastinya untuk memudahkan pengguna maupun pengunjung dalam mengingat link tersebut.

Keuntungan Shortlink
Dalam pengertian tadi sebenarnya sudah dijelaskan keuntungan-keuntungan menggunakan shortlink seperti memudahkan mengingat URL, mendapat penghasilan tambahan, dan masih banyak lagi. Adapun di bawah ini diuraikan beberapa keuntungan dari menggunakan shortlink, antara lain:

Membuat URL menjadi lebih pendek
Memudahkan pengguna mengingat URL
Mendapat penghasilan tambahan
URL terlihat simpel
dll
Kekurangan Shortlink
Meskipun ada banyak keuntungan dari menggunakan shortlink, namun nampaknya juga ada sedikit kekurangan yang perlu diketahui. Seperti sebagian blogger berpendapat bahwa menggunakan shortlink ternyata membuat akses URL terasa lebih lamban ketika di klik. Hal tersebut disebabkan pengunjung akan mengakses situs shortlink lebih dulu, baru setelah itu akan dialihkan secara otomatis menuju link yang asli. Proses tersebut yang dipercayai membuat akses website menjadi lebih lambat. Belum lagi jika situs shortlink terjadi gangguan, maka dapat dipastikan bahwa pengunjung tidak akan dapat mengakses URL yang diperpendek untuk menuju ke link asli.

Setelah shortlink saya juga akan membahas mengenai safelink, seperti apa pengertiannya serta kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah ulasannya.

Sebelumnya, menggunakan shortlink memang hampir tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis bahkan pihak pemilik shortlink-lah yang malah akan membayar para penggunanya. Namun itu semua berbeda dengan Safelink, karena untuk menggunakannya anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit seperti membeli hosting, domain, dan script yang akan digunakan pada struktur hosting.

Walaupun kenyataanya  Safelink berbayar, para blogger justru kebanyakan memilih menggunakan safelink ketimbang shortlink. Alasannya karena dengan safelink kita tidak perlu lagi untuk meng-generate setiap URL baru yang ada di blog (Otomatis). Sementara itu berbeda dengan shortlink kita harus menggenerate setiap URL satu per satu secara manual. Itulah alasan yang membuat para blogger justru lebih banyak menggunakan safelink daripada Shortlink.

Sekian Informasi Pengertian beserta perbedaan antara Shortlink, dan Safelink

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Backlink Redirect Googe yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan DA, dan Pa 2022

Tips Menghilangkan Kebiasaan Malas, Biar Lebih Produktif!

Cara Simple mengatasi Paketan Axis Unlimited Game yang tidak bisa dipakai untuk Main Game Mobile Legend