4 Bahaya menggunakan Laptop tanpa memasang Baterai


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang dunia komputer dengan topik pembahasannya ialah 4 bahaya memakai laptop tanpa baterai. Mungkin banyak diantara kita yang menggunakan laptop tanpa memasang baterai. Resiko besar bisa saja terjadi jika kalian sering menggunakan laptop tanpa memasang baterai.

Bahaya atau resiko yang bisa muncul tidak hanya terjadi pada baterai saja, melainkan bisa mempengaruhi komponen yang lainnya seperti Motherboard, Hardisk, Ram, dan komponen hardware lainnya.

Terlebih lagi, jika kalian menggunakannya tidak memakai charger aslinya dengan kualitas yang buruk. Tentu saja kerusakan yang akan terjadi akan lebih parah dan lebih cepat.

Dampak Buruk Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai
Jika kamu sering menggunakan laptop untuk aktivitas keseharianmu yang tidak menggunakan baterai, alangkah baiknya di hentikan mulai saat ini. Perlakuan tersebut malah bisa membuat umur komponen makin pendek, akibatnya laptop yang kamu gunakan akan lebih mudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Banyak sekali komponen yang akan berpengaruh jika Kamu tidak menggunakan baterai saat memakainya. Karena beberapa komponen tersebut akan cepat rusak, karena arus listrik yang masuk tidak akan stabil.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa Kamu perhatikan jika pakai laptop tanpa menggunakan baterai. Dampak buruk yang akan terjadi adalah sebagai berikut :

1. Kerusakan Motherboard

Komponen yang akan lebih cepat menerima kerusakaan ini adalah Motherboard. Karena moterboard ini adalah komponen hardware yang memiliki tugas untuk menyebarkan daya listrik ke komponen lainnya. Artinya komponen yang pertama kali menerima daya listrik ini adalah Motherboard.

Mungkin Kamu akan bertanya tanya, lalu bagaimana dengan PC Desktop ?

Jika Kamu menggunakan PC Desktop, tentu saja Kamu harus menyadari bahwa pada CPU yang kalian gunakan ada yang namanya Power Supply. Nah Power Supply ini bertugas untuk menjaga kestabilan daya listrik yang masuk menuju Motherboard.

Jadi, intinya sebelum daya listrik masuk ke komponen yang ada di PC, daya listrik tersebut akan di saring dan penyeimbangan terlebih dahulu agar daya listrik yang masuk ke setiap komponen PC tetap terjaga dan stabil

2. Bisa Merusak Processor, Hardisk, Ram dan Lainnya

Kerusakan yang bisa terjadi selanjutnya adalah rusaknya processor, hardisk, ram dan komponen kecil lainnya yang ada pada Laptop. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, bahwasanya jika kita memakai laptop yang tidak menggunakan charger maka daya listrik yang masuk ke komponen laptop ini tidak stabil.

Nah, ketidak stabilan daya listrik yang masuk ini bisa membuat komponen selain motherboard pun ikut rusak karena daya listrik yang tidak stabil. Tidak hanya itu saja, ketika listrik padam maka laptop yang kalian gunakan akan langsung mati dengan sekejap. Hal ini bisa membuat kerusakan komponen laptop terutama pada hardisk.

3. Sistem Inverter Tidak Bisa Berfungsi Kembali

Masalah lainnya jika kita tidak menggunakan baterai adalah sistem inverter yang tidak akan berfungsi kembali dengan baik. Sistem Inverter ini memiliki peranan yang di bilang penting yaitu mengatur tegangan listrik yang masuk ke Laptop.

Artinya, jika Kamu menyambungkan langsung charger ke laptop tanpa ada baterai, maka sistem inverter ini tidak akan berfungsi dengan baik, dan seperti pembahasan sebelumnya jika inverter tidak bekerja dengan baik maka daya listrik yang masuk ke komponen PC tidak akan stabil.

4. Terjadinya Konsleting pada Listrik

Dampak buruk yang paling berbahaya adalah terjadinya konsleting listrik pada laptop. Kalian tidak inginkan, jika sedang asik bermain laptop tiba tiba laptop konslet dan mengeluarkan asap dan juga bau gosong ?

Jika Kamu menyambungkan langsung charger ke Laptop tanpa menggakan baterai, maka dampak konsleting listrik pada laptop ini sangat besar. Jika sampai konsleting listrik, maka tidak hanya poin poin di atas saja yang mengalami kerusakan, malah yang lebih parahnya lagi bisa terjadi kebakaran pada laptop kalian.

Nah, sekarang hentikan ya pemakaian laptop yang tidak menggunakan baterai. Kalian sekarang sudah tau apa saja resiko yang akan terjadi. Jadi, alangkah baiknya gunakan baterai di setiap kali pemakaian laptop.

Mungkin saja masih ada aja yang beranggapan “ah laptop Saya biasa aja tuh walau gak make baterai” dan disini saya sebagai pnulis artikel ini akan memberi jawaban “Mungkin masih Belum Waktunya saja”

Demikian artikel yang saya berikan untuk kalian semua, semoga sedikit artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Kamu yang membacanya.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Backlink Redirect Googe yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan DA, dan Pa 2022

Tips Menghilangkan Kebiasaan Malas, Biar Lebih Produktif!

Cara Simple mengatasi Paketan Axis Unlimited Game yang tidak bisa dipakai untuk Main Game Mobile Legend